ISU SENTRALPolitikSumbawaSumbawa Barat

Update Sore Ini, Peraih 8 Kursi DPRD NTB Dapil Sumbawa-KSB Hasil Real Count Sementara KPU

Mataram (NTB Satu) – Perolehan suara Parpol dan Calon Anggota Legislatif (Caleg) untuk DPRD NTB Daerah Pemilihan (Dapil) NTB 5 sudah mulai terlihat.

Dari situs resmi KPU RI, yang diolah NTBSatu per tanggal 19 Februari 2024, pukul 15.00 WIB, sudah terlihat gambaran Parpol dan Caleg yang memperoleh 8 kursi di Dapil NTB 5.

Sebagai informasi, Dapil NTB 5 ini meliputi daerah Kabupaten Sumbawa dan Kabupaten Sumbawa Barat.

Kursi pertama diraih oleh PAN dengan jumlah perolehan suara partai terbanyak pertama sementara, yakni 21,885 suara. Dengan Caleg yang akan duduk di kursi tersebut ialah Muhammad Nasir, S.T., M.M., dengan 9.115 suara.

Selanjutnya, Gerindra yang akan mengisi kursi kedua DPRD NTB Dapil NTB 5 ini dengan perolehan 21.014 suara. Caleg Gerindra yang akan menempati kursi itu, yaitu Wahyu Hidayat, S.P., dengan 4.455 suara.

Ia dibayangi rekan sesama partainya, H. Irwan Rahadi, S.T., yang memperoleh suara sebanyak 4.421.

Partai Keadilan Sosial (PKS) berada pada posisi ketiga raihan kursi DPRD NTB dari Kabupaten Sumbawa dan KSB dengan jumlah 19.693 suara. Calegnya yang akan duduk di parlemen Udayana itu Sambirang Ahmadi yang memperoleh 9.234 suara.

Kursi keempat diraih PDIP dengan jumlah suara 19.144. Untuk Calegnya yang akan menempati kursi tersebut ialah Abdul Rahim, S.T., dengan perolehan 8.649 suara.

Berita Terkini:

Selanjutnya, kursi kelima akan diisi oleh Golkar dengan jumlah suara 18.078. Mancawari LM, S.I.P., akan menduduki kursi tersebut dengan perolehan sementara 5.508 suara.

Kemudian, kursi keenam diraih Nasdem dengan jumlah suara sebanyak 12.856. Caleg yang akan menduduki kursi tersebut, yakni H. Asaat Abdullah, S.T., yang memperoleh 6.018 suara.

Diikuti Partai Demokrat pada posisi ketujuh dengan perolehan 12.254 suara. Syamsul Fikri, S.Ag., M.Si., yang memperoleh 5.161 suara, kemungkinan akan mengisi kursi yang diraih partai pimpinan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di DPRD NTB ini.

Kursi terakhir akan diisi oleh Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dengan jumlah suara sebanyak 9.511. Caleg yang akan menduduki kursi tersebut adalah Rusli Manawari yang memperoleh 4.134 suara.

Lebih lanjut, untuk kursi terakhir masih berpeluang PKB dan Gelora dengan raihan suara partai masing-masing, 8.980 suara untuk PKB dan 8.903 suara untuk Gelora. Selisih suara kedua partai itu cukup tipis dengan PPP yang menempati posisi kedelapan.

Artinya, potensi berubah atau salip menyalip diantara ketiga partai itu masih sangat terbuka.

Perolehan suara dan kursi yang digambarkan dalam artikel ini adalah perolehan suara sementara yang diolah redaksi NTBSatu dari laman resmi KPU RI, pada tanggal 19 Februari 2024, pukul 15.00 WIB. Untuk diketahui, suara masuk di Dapil NTB 5 telah mencapai 62,77 persen atau telah masuk 1.234 dari 1.966 TPS di Dapil 5.

Karena itu, ulasan ini adalah gambaran hasil sementara yang tidak merepresentasikan hasil akhir dari perolehan kursi dan suara Pemilu 2024. Hasil akhir yang bersifat resmi dan final, ditentukan berdasarkan rekapitulasi resmi yang dilakukan secara berjenjang oleh KPU, dan telah memiliki kekuatan hukum yang tetap. (JEF)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button