Pendidikan

Ikut UM-PTKIN 2024 Bisa Sekalian Daftar Beasiswa Indonesia Bangkit

Mataram (NTBSatu) – Calon mahasiswa yang mengikuti Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (UM-PTKIN) 2024, bisa sekalian mendaftar Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB). Pengintegrasian ini dilakukan Kementerian Agama (Kemenag) untuk mendukung siswa berprestasi dalam pelaksanaan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) PTKIN.

“Kami akan mengintegrasikan proses PMB PTKIN ini dengan BIB dari LPDP Kementerian Keuangan. Insyaallah nanti proses seleksinya dari ujian masuk (UM) PTKIN yang menjadi tes awal dari proses BIB berikutnya,” ungkap Ketua Panitia PMB PTKIN 2024, Nyayu Khodijah, dikutip dari rilis resmi Kemenag RI, Selasa, 23 Januari 2024.

Nyayu menjelaskan, hasil UM-PTKIN nanti tergantung pada kuota. Sebab, biasanya yang dipilih hanya dari program studi (prodi) yang unggul dan A. Kemudian, akan dilakukan seleksi kembali untuk menentukan yang terbaik.

“Masukan Gus Men akan menjadi bahan rencana kita, bagaimana PMB PTKIN ini harus maksimal. Utamanya, input kita harus bagus, supaya output kita bisa berkualitas,” katanya.

Nyayu menyampaikan, panitia PMB PTKIN akan berkoordinasi dengan para kepala kantor wilayah Kemenag provinsi. Koordinasi dilakukan untuk meminta peran aktif mereka dalam memaksimalkan output terbaik dari madrasah untuk masuk PTKIN.

Baca Juga: FormasNU: Penampilan Gibran dalam Debat Pilpres 2024 ‘Su’ul Adab’

“Bagaimana agar mereka memilih kita (PTKIN) sebagai pilihan pertama, dan tentu dengan fasilitas-fasilitas seperti bisa masuk tanpa tes, dengan uang kuliah tunggal (UKT) terendah, bahkan kita utamakan mendapatkan beasiswa yang sangat banyak jenisnya, tidak hanya BIB,” terang Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang ini.

Selain seleksi UM-PTKIN, Nyanyu juga menyebut pola seleksi lain yang dilakukan secara nasional dalam PMB PTKIN tahun ini. Pola seleksi tersebut adalah Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN).

“Proses PMB PTKIN akan dilakukan 58 PTKIN dan 1 PTN di seluruh Indonesia. Terdapat 1.301 pilihan program studi dengan daya tampung 65.574 orang untuk SPAN PTKIN dan 85.692 orang untuk UM-PTKIN,” ujarnya.

“Calon mahasiswa baru juga dapat mendaftar PMB PTKIN 2024 melalui jalur mandiri yang ada di setiap perguruan tinggi,” tambah Nyanyu. (JEF)

Baca Juga: Gerakan Ganjar-Mahfud NTB Sumbang Semen, Wujud Kepedulian dan Memakmuran Masjid dan Musala

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button