Daerah NTB

Pemprov NTB Siapkan 2 Hektar Lahan untuk Benih Vanili

Mataram (NTB Satu) – Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi NTB, Drs. H. Fathul Gani, menyediakan sekitar 2 Hektar Tanah untuk persiapan perbenihan bibit Vanili.

“Untuk saat ini, kita fokuskan pada perbenihan dulu. Nanti kalau sudah ada bibit yang baik, baru kita sosialisasikan pada masyarakat,” tuturnya.

Ia mengatakan, untuk sementara dalam proses pengembangan bibit Vanili masih melakukan permintaan dari luar. Maka lewat penyediaan lahan ini, kita bisa secara mandiri dalam mengembangkan bibit Vanili.

“Vanili harus terus kita kembangkan. Karena beberapa daerah di NTB sangat cocok untuk ditanami vanili. Salah satunya daerah Lingsar, Lombok Barat,” ujarnya.

IKLAN

Tanaman Vanili di Nusa Tenggara Barat menjadi salah satu komoditas yang diminati oleh pasar luar negeri. Karena kualitasnya yang bagus dan bersaing.

“Kita sudah mulai ekspor, walaupun kapasitasnya masih dalam jumlah kecil,” sambungnya.

Potensi vanili di NTB tersebar di daerah dataran tinggi seperti kawasan Sembalun, Lombok Timur, Bayan, Lombok Utara. Daerah yang berada di sekitar pegunungan Rinjani tersebut cocok sebagai tempat tumbuhnya vanili dengan baik.

Fathul melanjutkan, tanaman Vanili merupakan tanaman yang menjanjikan. Begitu dengan pasarnya tidak perlu diragukan lagi. (MYM)


Lihat juga:

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button