BREAKING NEWSDaerah NTB

Bima-Dompu Diselimuti Kabut Haze, Penerbangan dan Pelayaran Terganggu

Mataram (NTBSatu) – Kabut Haze atau udara kabur menyelimuti Kabupaten Dompu, Kabupaten Bima, dan Kota Bima sejak beberapa hari lalu.

Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Sultan Muhammad Salahuddin Bima, Moch Syaiful Annas mengatakan, kabut Haze melanda tiga daerah itu sejak 3-5 Januari 2024.

“Fenomena kabut terpantau dari hasil pengamatan cuaca pada jarak pandang kurang dari lima kilometer,” ujar Syaiful melalui keterangan tertulisnya, Jumat, 5 Januari 2023.

Haze merupakan kekaburan udara yang disebabkan partikel-partikel kering di udara akibat adanya penebalan lapisan inversi. Di mana suhu lapisan atas lebih tinggi daripada suhu lapisan di bawahnya.

Sehingga partikel-partikel kecil yang melayang di atmosfer tidak dapat naik atau tertahan pada atmosfer lapisan bawah.

“Itu yang menyebabkan jarak pandang atau visibility berkurang dari lima kilometer,” ujar Syaiful.

Baca Juga: Pengamat: Perbedaan Spesimen Surat Suara Harus Ditelusuri Tuntas oleh KPU

Hal ini berdampak pada terganggunya aktivitas masyarakat, seperti penerbangan maupun pelayaran.

Syaiful juga menerangkan terkait isu sebaran abu vulkanik dari erupsi Gunung Lewotobi ke wilayah Bima Dompu. Berdasarkan informasi Significant Meteorological (SIGMET) pagi ini, sebaran abu vukanik mengarah kearah barat daya. Namun tidak sampai ke wilayah Bima-Dompu.

“Hasil paper test yang dilakukan Stamet Bima juga menunjukkan hasil negatif yang menunjukkan bahwa sebaran abu vulkanik tidak mencapai wilayah Bima dan Dompu,” katanya.

Karena itu, masyarakat diminta tetap tenang dan meningkatkan kesiapsiagaan terjadinya bencana alam hidrometeorologi. Khususnya di wilayah Kota Bima, Kabupaten Bima dan Kabupaten Dompu. Mengingat saat ini juga telah memasuki musim hujan.

“Serta selalu mengikuti informasi dari Stasiun Meteorologi Sultan M. Salahuddin atau melalui media sosial resmi milik BMKG dan Stasiun Meteorologi,” imbaunya.

Masyarakat juga bisa mengunjungi laman website http://bmkg.go.id dan https://stametbima.com untuk mendapatkan informasi terbaru terkait cuaca. (KHN)

Baca Juga: Pemerintah Buka Pendaftaran Akun Program Prakerja, Ini Cara dan Keuntungannya

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button