BERITA NASIONAL

Vlogger Dunia Nas Daily Apresiasi Pandawara Group, Kelompok Pemuda Pembersih Sampah dari Indonesia

Mataram (NTB Satu) – Vlogger dunia Nusseir Yassin dengan nama kanal Nas Daily mengapresiasi kerja positif Pandawara Group, kelompok pemuda asal Indonesia yang menyita perhatian warganet melalui konten bersih-bersih sampah yang mereka posting di Tiktok.

Apresiasi itu disampaikan Nas saat berkunjung ke Indonesia dan bertemu dengan 5 personel Pandawara Group.

“5 Pemuda ini terkenal di TikTok, bukan karena joget-joget, tapi karena ini (membersihkan sampah),” ucap Nas dalam kanal resminya di Facebook, Senin, 13 Februari 2023.

Dalam video satu menit itu, Nas menceritakan awal mula 5 anak kuliahan itu melakukan bersih-bersih sampah. Yaitu ketika sungai di sekitar rumah mereka banjir dan menimbulkan luapan.

Mereka berinisiatif untuk mengeruk dan mengangkut sampah tersebut secara manual, dan (untungnya) tidak lupa divideokan agar jutaan orang di luar sana tergerak melakukan hal serupa.

Suatu hal baik yang bertemu keberuntungan, konten bersih-bersih sampah itu pun seketika viral, dan Pandawara Group kini menimbun jutaan pengikut di TikTok.

“Kini mereka sudah membersihkan hingga 80 ton sampah dan sama sekali tidak dibayar. Kita butuh jutaan orang seperti mereka,” kata Nas sembari menampilkan sungai-sungai yang kini menjadi bening dan bersih akibat ulah 5 pemuda tersebut.

Sekedar informasi, 5 personel Pandawara Group adalah Rafi (22), Agung (22), Gilang (22), Ikhsan (21) dan Rifki (22).

Nama Pandawara di ambil dari kata “Pandawa” yang terdapat dalam kisah Mahabharata dan berarti lima bersaudara. Sedangkan untuk kata “wara” berasal dari bahasa sunda yang berarti kabar baik. Cukup unik.

Kelima anggota Pandawara Group berasal dari Kopo, Bandung Selatan. Seringnya terjadi banjir hingga memasuki kompleks perumahan keluarga Gilang dan kawan-kawan, menjadi latar belakang terbentuknya Pandawara Group. Hingga akhirnya, memunculkan kesadaran untuk membersihkan sampah di aliran sungai.(RZK)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button