IKLAN
Mataram

Dukcapil Gandeng Rumah Sakit Guna Maksimalkan Pencatatan Penduduk di Kota Mataram

Mataram (NTB Satu) – Pemerintah Kota (Pemkot) Mataram melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) melakukan penandatanganan kerja sama dengan rumah sakit pemerintah dan swasta yang ada di Kota Mataram untuk memberikan kemudahan dan memaksimalkan pelayanan kependudukan bagi seluruh warga Kota Mataram.

“Ini wujud pelayanan yang prima, percepatan kepemilikan dokumen kependudukan, dan tertib administrasi,” Ujar Wali Kota Mataram, H. Mohan Roliskana, Selasa, 15 November 2022.

IKLAN

engan kerjasama ini, masyarakat cukup menyebutkan nama anak yang lahir kepada pihak rumah sakit, lalu datanya akan secara otomatis diproses dalam data kependudukan. Selanjutnya, data-data tersebut akan terintegrasi sebagai data pencatatan kelahiran, Kartu Keluarga (KK), dan Kartu Identitas Anak (KIA).

Perjanjian kerja sama Dinas Dukcapil Kota Mataram dengan beberapa rumah sakit ini merupakan kegiatan lanjutan dari kegiatan tahun sebelumnya. Untuk tahun ini, kerja sama dilakukan bersama beberapa penyedia layanan kesehatan, yaitu RSUD Provinsi NTB, Rumah Sakit Bhayangkara, Rumah Sakit Unram, Rumah Sakit Wira Bhakti, serta puskesmas se-Kota Mataram.

Sementara itu, Kepala Dinas Dukcapil Kota Mataram, H. Amran M. Amin menyebutkan, bahwa saat ini, jumlah penduduk Kota Mataram yang sudah tercatat sebanyak 99,3 persen. “Ini berarti hampir semua penduduk Kota Mataram telah terdata di pemerintah,” terangnya.

Lebih lanjut, ia juga menegaskan angka tersebut merupakan yang tertinggi di Provinsi NTB. “Dengan adanya kerja sama ini, usaha Dinas Dukcapil Kota Mataram akan semakin maksimal dalam melakukan pendataan di seluruh layanan kesehatan di Kota Mataram,” tutupnya. (RZK)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button