IKLAN
INFO NTB

Gubernur Kembali Geser Ratusan Pejabat, ASN Muda Banyak Tampil Jadi Kepala OPD

Mataram (NTB Satu) – Pada Rabu, 12 Oktober 2022, Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah memutasi sejumlah 260 pejabat struktural dan fungsional lingkup Pemerintah Provinsi NTB. Dari 260 orang yang dimutasi, terdapat 13 pejabat struktural eselon II.

Sekretaris Daerah NTB, H. Lalu Gita Ariadi mengatakan, perombakan atau mutasi pejabat struktural merupakan proses yang alami, dan sesuai dengan kebutuhan organisasi. Ia menerangkan, Gubernur dan Wakil Gubernur NTB tetap melakukan evaluasi terhadap seluruh pejabat struktural Pemprov NTB.

IKLAN

“Itulah yang membuat mutasi dilakukan pada saat ini. Mutasi ratusan pejabat, kami lakukan sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan organisasi dalam menjawab tantangan yang ke depannya makin kompleks,” ujar Gita, Kamis, 13 Oktober 2022.

Khusus untuk jabatan eselon II yang baru saja dilantik, terdapat kaderisasi, yaitu empat pejabat eselon III yang dipromosikan menjadi pejabat eselon II hasil lelang jabatan yang telah dilakukan beberapa waktu lalu, yaitu Baiq Nelly Yuniati sebagai Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik NTB, Lalu Rudy Gunawan sebagai Kepala Biro Hukum Sekretariat Daerah NTB, Hendra Saputra sebagai Kepala Biro Umum Sekretariat Daerah NTB, dan Rony Yunairi sebagai Kepala Biro Pengadaan Barang Jasa Setda NTB.

Sedangkan, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) NTB, Iswandi dikukuhkan lantaran bidang penelitian sekarang telah bergabung dengan Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) NTB.

“Mengacu pada hasil pansel, memang banyak ASN muda yang tampil. Kesempatan untuk eselon III dalam berkompetisi selalu terbuka luas,” papar Gita.

Lebih lanjut, Gita menerangkan, pejabat yang telah lama menjadi kepala organisasi perangkat daerah (OPD) dimutasi menuju tempat yang baru. Hal tersebut dilakukan agar terdapat proses penyegaran.

Untuk rincian 260 pejabat yang dimutasi, terdapat 13 pejabat eselon II, 57 pejabat eselon III, 104 pejabat eselon IV dan 73 pejabat fungsional.

Rincian 13 pejabat eselon II yang dimutasi, yaitu Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) sekarang dijabat oleh Ashari yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa Kependudukan dan Catatan Sipil (DPMPD Dukcapil).

Kemudian, Kepala DPMPD Dukcapil NTB sekarang dijabat oleh Ahmad Nur Aulia, yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan). Sedangkan, jabatan Kepala Disnakeswan NTB sekarang dijabat oleh Lalu Hamdi yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala BPSDMD NTB.

Selanjutnya, Sekretaris DPRD NTB Mahdi telah dimutasi menjadi Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan. Posisi yang ditinggal oleh Mahdi, sekarang dijabat oleh Surya Bahari yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) NTB.

Selain itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTB Sahdan dilantik menjadi Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi Keuangan, Infrastruktur dan Pembangunan. Lalu, posisi Sahdan digantikan oleh Ruslan Abdul Gani, yang sebelumnya menjabat Staf Ahli Gubernur.

Kepala Dispora NTB sekarang dijabat Tri Budiprayitno yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan. Kepada Kepala Dispora NTB yang baru, Gita mengatakan NTB dan NTT telah ditetapkan menjadi tuan rumah PON 2028. Oleh karena itu, pejabat baru diminta agar segera melakukan langkah persiapan dengan berkoordinasi di daerah maupun instansi pusat. (GSR)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button