ISU SENTRALLombok Timur

Wajib Pajak yang Nunggak Bayar PBB P2 akan Dijerat Sanksi hingga Penyitaan Aset

Lombok Timur (NTBSatu) – Para wajib pajak di Kabupaten Lombok Timur yang terlambat maupun tidak membayar Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBB P2) kini akan dikenakan sanksi.

Kepala Bidang PBB P2 Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Lombok Timur, Tohri Habibi, mengatakan hal itu dilakukan karena tidak ada alasan bagi wajib pajak untuk tidak melakukan pembayaran sekali setahun tersebut.

IKLAN

Ia mengatakan, penarikan PBB P2 didasari atas keberadaan bumi dan bangunan sebagai objek pajak telah memberikan manfaat kepada wajib pajak atau subjek pajak.

Adapun bentuk sanksi yang yang diberikan pertama adalah dalam bentuk surat teguran, untuk mengingatkan agar segera membayar tunggakan.

Jika teguran itu tidak diindahkan hingga batas waktu yang telah ditetapkan, maka sanksi berat berupa ancaman penyitaan aset akan diterapkan.

Berita Terkini:

Pemberian sanksi itu, lanjut Tohri, semata agar para wajib pajak tidak menunda pembayaran pajak.

IKLAN

Ia membeberkan, Bapenda Lombok Timur sudah memiliki juru sita yang dapat menyita barang milik wajib pajak, apabila nunggak pajak setelah mendapat teguran beberapa kali.

“Atas nama negara, aset wajib pajak yang menunggak lama ini bahkan bisa ditarik menjadi milik negara atas penilaian penelantaran,” kata Tohri, Kamis, 21 Maret 2024.

Rencana pemberlakuan aturan ini diakui Tohri cukup berat. Namun karena sudah menjadi aturan, maka siap diterapkan.

Sementara tarif PBB untuk wilayah Lombok Timur tahun 2024 adalah 0,08 persen dari nilai objek pajak. Sedangkan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) diketahui terus naik. Standar penghitungan PBB P2 yang dimuat dalam Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT) masih mengacu pada NJOP tahun 1999. (MKR)

IKLAN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button