Daerah NTB

Mantan Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah Resmi Nyaleg di Dapil Pulau Sumbawa

Mataram (NTB Satu) – Mantan Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah yang juga saat ini merupakan Wakil Ketua Umum Partai Gelora resmi terdaftar sebagai bakal calon legilatif (bacaleg) dari Partai Gelora. Fahri menjadi bacaleg di Daerah Pemilihan (Dapil) NTB I Pulau Sumbawa.

Ketua DPW Partai Gelora NTB, Lalu Pahrurrozi membenarkan hal tersebut. ia mengatakan Fahri Hamzah akan ikut bertarung dalam kontestasi lima tahunan mendatang.

IKLAN

Ia menjelaskan, Fahri sudah selayaknya untuk ambil bagian dalam perhelatan politik di panggung nasional. “Insyaallah sudah resmi dan sudah masuk di Silon,” ujar Ozi, sapaannya, pada Selasa, 16 Mei 2023.

Kemudian Ozi menjelaskan, alasan di tempatkannya Fahri di dapil pulau Sumbawa, karena berdasarkan sejarah pemilu sebelumnya Fahri pernah mendapatkan suara terbanyak. Perolehan suara itu mengantarkannya ke Senayan, bahkan mampu merengkuh satu kursi pimpinan DPR RI.

“Secara individual bang Fahri itu berhasil menjadi anggota DPR RI dengan suara terbanyak, itu fakta ya,” ujarnya.

Ia pun menilai dipasangkannya Fahri ini sebagai upaya untuk melihat sejauh mana respons publik dalam melihat tokoh NTB yang telah teruji di level nasional.

IKLAN

“Kita dalam fase membangun partai, kita ingin dorong orang-orang terbaik partai maju dalam pemilihan legislatif, itu untuk memantik respons publik kepada Partai Gelora,” kata pria asli Praya Lombok Tengah ini.

Terkait dengan peluang Fahri untuk dapat melenggang ke Senayan, ia melihat selain dari faktor popularitas, Fahri memiliki pengaruh kuat di Pulau Sumbawa. Kondisi itu menjadi modal besar untuk merebut satu kursi dari tiga petahana nantinya.

Bahkan, ia mengaku turunnya Fahri, akan memberikan tekanan tersendiri bagi lawan-lawannya nanti. “Kalau di DPR RI lawan akan berhitung kalau melawan bang Fahri di dapil Sumbawa,” tegasnya.

Di dapil Sumbawa sendiri terdapat nama-nama yang akan menjadi kompetitor dari Fahri seperti Johan Rosihan dari PKS, Syafrudin dari PAN, Mori Hanafi dari Nasdem, hingga Qurais, Mantan Walikota Bima dari Demokrat. Serta beberapa nama lainnya.

Ia pun menargetkan perolehan suara bagi Fahri di dapil Sumbawa bisa mengungguli seluruh caleg lainnya.

“Mudah-mudahan bisa 100 ribu ke atas, itu sudah angka aman. Hitungan kita di pemilu sebelumnya itu kan Gerindra sekitar 120-an ribu, PKS 100 ribu, PAN 90-an ribu. Apalagi jumlah partainya tambah banyak kemungkinan suara yang dulu bisa berkurang,” jelasnya.

Ketika peluang Fahri lebih besar ketimbang caleg lain merupakan bentuk kepercayaan diri dari Partai Gelora dalam melihat sepak terjang Fahri. Namun, menurutnya peluang itu bukan untuk meremehkan atau gegabah sehingga menyebabkan antipati dari publik.

“Kita jangan underestimate, partai Gelora tidak ingin meremehkan semua, karena setiap parpol itu punya peluang yang sama,” ungkapnya.

Ozi juga merincikan selain dari Fahri yang dipasang di dapil pulau Sumbawa oleh Parta Gelora, ada juga tokoh muda yang cerdas yakni Yadi Surya Diputra dan figur perempuan asal Bima yang mewakili keterwakilan perempuan.

Ia menginginkan agar Fahri dipilih oleh masyarakat pulau Sumbawa. Sebab sangat disayangkan tokoh yang selalu menjadi penggerak opini nasional tidak mendapat jatah kursi di Senayan.

“Kalau bang Fahri tidak dipilih kita akan kehilangan politisi yang menggetarkan panggung nasional,” tandasnya. (ADH)

IKLAN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button