NTB

Usung Tema Max Arifin dan Panggung Teater, Insomnia Theater Movement Segera Gelar “On Stage 2022”

Mataram (NTB Satu) – Setelah berhasil menghelat On Stage 2021 dengan tema Titik Kumpul, Insomnia Theater Movement bakal segera menghelat On Stage 2022 dengan mengusung tema Max Arifin dan Panggung Teater. Festival teater tersebut bakal terhelat di Taman Budaya NTB pada, 3 hingga 9 Oktober 2022 mendatang.

Sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya, pada On Stage 2022, Insomnia Theater Movement mengerucutkan tema pada satu sosok dan karya-karya yang telah dilahirkan oleh teaterawan NTB, yaitu Max Arifin.

Ketua Pelaksana On Stage 2022, Indra Saputra Lesmana menerangkan, Max Arifin merupakan salah satu tokoh teater NTB yang pernah berhasil menorehkan tinta emas di kancah teater nasional pada puluhan tahun silam dengan menghasilkan beraneka macam karya. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, sosok Max Arifin mulai memudar dan cenderung tidak dikenal oleh masyarakat NTB.

“Untuk itu, kami menyelenggarakan kegiatan On Stage 22 dengan niatan ingin mengangkat kembali spirit tokoh lokal dalam bidang Teater, terutama mengenai sosok Max Arifin,” ungkap Indra kepada NTB Satu, Selasa, 30 Agustus 2022.

On Stage 2022 bakal melibatkan berbagai Komunitas Budaya, Sanggar Teater, Pemerintah Daerah serta Penggiat Teater dari seluruh penjuru NTB.

Menurut Indra, On Stage 2022 dengan tema Max Arifin dan Panggung Teater bakal menjadi upaya untuk mewujudkan salah satu agenda strategis pemajuan budaya, yaitu menyediakan ruang bagi keragaman ekspresi teater dan mendorong interaksi budaya untuk memperkuat kebudayaan yang inklusif.

Selain itu, On Stage 2022 bakal mengoptimalkan upaya konsolidasi dan pelibatan publik, pemerintah serta organisasi, lembaga, dan institusi masyarakat di bidang seni budaya.

“Dengan demikian, kegiatan On Stage 2022 akan menunjukkan warna-warni keberagaman kekayaan budaya yang dimiliki dan menggambarkan identitas Indonesia,” terang Indra.

Disinggung mengenai tujuan dari On Stage 2022, Indra menjawab, Insomnia Theater Movement ingin ikut mengambil bagian dari pengimplementasian dukungan terhadap pemajuan kebudayaan. Indra dan segenap tim juga ingin menyediakan ruang dan mendorong ekspresi, interaksi budaya untuk memperkuat kebudayaan nasional.

“Kami bertujuan untuk memunculkan ikon budaya dalam bidang teater di NTB, mendokumentasikan perjalan dan karya-karya Max Arifin dalam kehidupan masyarakat, serta meningkatkan apresiasi masyarakat dan daya tarik wisata terhadap seni,” beber Indra.

Selain menghadirkan pertunjukan teater, Insomnia Theater Movement juga bakal menampilkan workshop dengan pemateri Drs. Agus Setiawan M.Sn., dan Dr. Tony Supartono M.Sn.

Insomnia Theater Movement juga bakal menghadirkan acara Malam Anugerah untuk memberikan penghargaan kepada Max Arifin dan Kongso Sukoco serta berbagai komunitas penampil On Stage 2022 sebagai pegiat teater asal NTB yang konsisten berkarya.

“Acara Malam Anugerah bakal menjadi malam legitimasi dan langkah awal bagi NTB untuk memunculkan ikon budaya yang menginspirasi kalangan muda. Selain Max Arifin, kami akan berikan anugerah kepada pegiat kesenian dan kebudayaan yang ada di NTB,” jelas Indra.

Berikut ini adalah daftar sejumlah kelompok yang dijadwalkan bakal tampil di On Stage 2022 dengan tema Max Arifin dan Panggung Teater:

  1. SFNLabs Mataram
  2. Mime In Lombok
  3. Kampoeng Baca Pelangi Lombok Barat
  4. Teater Tastura Lombok Tengah
  5. Sanggar Anak Gunung Lombok Utara
  6. Teater 16 Lombok Timur
  7. Teater Putih FKIP Universitas Mataram
  8. HIMA Sentanu UNU NTB
  9. Teater Cassanova Bandung. (GSR)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button