NTB

Hanyut di Selat Lombok, WNA Australia Berhasil Dievakuasi

Mataram (NTB Satu) – Tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi seorang pria Warga Negara Asing (WNA) asal Australia di perairan Selat Lombok, pada Minggu 21 Agustus 2022 sekitar pukul 02.00 Wita.

Informasi didapati ntbsatu.com, sebelumnya SAR Mataram melalu Basarnas, menerima laporan dari The Joint Rescue Coordination Centre (JRCC), dilaporkan Survivor asal Australia bernama David Wiliamson (63 tahun) dikabarkan hanyut sekitar 600 Km sebelah tenggara Pulau Christmas Samudera Hindia.

“Kami menerima laporan pada Jumat 19 Agustus 2022, WNA asal Australia itu dikabarkan hanyut terbawa arus saat beraktivitas di perairan Australia menggunakan kayak (perahu kecil bertenaga manusia, red),” terang Kepala Kantor SAR Mataram, Nanang Sigit PH, Minggu 21 Agustus 2022.

Pihaknya mendapatkan informasi bahwa korban telah diselamatkan oleh kapal MV Haizhu Flourish yang sedang menuju ke Cina. “Kami lakukan koordinasi dengan kapal kargo berbendera Singapura itu untuk proses evakuasi,” sambungnya.

Kapal tersebut, lanjut Nanang, kemudian mengubah titik koordinatnya ke titik yang telah ditentukan Kantor SAR Mataram, tepatnya di Perairan Selat Lombok. “Pada Sabtu kemarin, tim SAR gabungan sebanyak 28 personil dari tim rescue Kantor SAR Mataram, ABK RB 220 Mataram, Polairud Polda NTB, KPP Lembar menuju titik pertemuan menggunakan kapal RB 220 Mataram,” jelasnya.

Namun tingginya gelombang laut di lokasi tersebut, menghambat proses evakuasi pemindahan survivor dari kapal MV. Haizhu Flourish ke RB 220 Mataram.

“Kami kemudian mencoba menggeser lokasi intercept, dan pada Minggu 21 Agustus 2022, sekitar pukul 02.00 Wita pagi, survivor berhasil dievakuasi,” tandasnya, saat memimpin langsung jalannya operasi SAR.

Sementara itu WNA tersebut dibawa menuju pelabuhan Gili Mas, Labuan Tereng, Kecamatan Lembar, Kabupaten Lombok Barat, dan tiba pada pukul 03.19 Wita untuk diserahkan ke pihak berwenang. (MIL)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button