MXGP

Tambahan Akomodasi MXGP Samota, KRI Makassar Siap Berlayar ke Sumbawa

Mataram (NTB Satu) – Aspek akomodasi atau penginapan menjadi salah satu kebutuhan utama gelaran Motocross Grand Prix (MXGP) Samota. Selain menyiapkan hotel berbintang, penyelenggara MXGP dan pemerintah juga berupaya mendatangkan Kapal Republik Indonesia (KRI) sebagai tempat akomodasi bagi kru dan pembalap.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB H. Yusron Hadi mengatakan, hotel berbintang di Sumbawa yang sudah dipesan oleh kru dan pembalap MXGP sebanyak tujuh hotel dengan jumlah kamar sebanyak 205 kamar. Namun ada KRI yang akan disiapkan oleh penyelenggara nantinya dan berlabuh di Pelabuhan Badas. Kemungkinan besar kata Yusron, kapal yang akan diterjunkan adalah KRI Makassar.

“Yang dibooking oleh kru pembalap itu sekitar tujuh hotel dengan kamar sekitar 205 catatan kita, tetapi ada tambahan dari kapal (KRI) yang disiapkan setara bintang tiga kamarnya. Nanti Dinas Pergubungan yang membantu kita mengkomunikasikan itu,” kata H. Yusron Hadi akhir pekan kemarin.

Ia berharap setidaknya ada 500 kamar di KRI Makassar yang nantinya bisa menampung kru MXGP. Jika hotel berbintang di Sumbawa sebanyak 205 ditambah dengan kamar di KRI sebanyak 500 unit, maka akan tersedia setidaknya sebanyak 700 kamar untuk menampung para kru dan pembalap MXGP. Jumlah tersebut lebih dari cukup, sehingga para penonton juga bisa memanfaatkan KRI sebagai akomodasi saat event berlangsung.

“Masyarakat juga bisa menggunakan kapal itu karena tidak semua kru pembalap menggunakan itu. Hotel-hotel yang lain juga banyak yang tersedia, termasuk potensi camping ground yang ada di sana,” ujarnya.

Ia mengatakan, beberapa waktu lalu dirinya sudah mengunjungi Samota dan beberapa kawasan wisata lainnya dalam rangka melihat dari dekat persiapan MXGP. Salah satunya adalah Pantai Ai Lemak, yang terletak di kawasan Tanjung Menangis Sumbawa. Di sini terdapat 1000 camping ground, pameran ekraf, pentas musik, dan kuliner saat berlangsungnya MXGP.

Begitu juga di Pantai Ai Loang yang terletak di Desa Penyaring, Kecamatan Moyo Utara menyajikan alam yang indah dan fasilitas camping yang memadai selama event balapan berlangsung. Para pelaku atau agent perjalanan sudah menyiapkan paket wisata untuk mendukung MXGP agar berlangsung lancar dan berkesan. (ZSF)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button