Mataram

Siasati Pandemi, APHI Lombok Gelar Festival Ogoh – ogoh Mini

Mataram (NTB Satu) – Kondisi Kota Mataram yang masih dalam situasi pandemi Covid-19, membuat kegiatan parade Ogoh – ogoh yang biasanya dilaksanakan umat Hindu menjelang Hari Raya Nyepi kini tidak bisa terlaksana. Namun, masyarakat Hindu, khususnya di Kota Mataram disuguhkan dengan adanya Festival Ogoh-ogoh Mini.

Festival Ogoh ogoh mini yang diadakan di Taman Mayura, Cakranegara Kota Mataram pada Selasa 1 Maret 2022, dinisiasi oleh Aliansi Pemuda Hindu (APHI) Lombok.

Ketua Umum APHI Lombok, I Nyoman Loji Sagita menerangkan, pagelaran seni dan budaya itu dilaksanakan sebagai bentuk perhatian terhadap kreatifitas generasi muda Hindu yang ada di Kota Mataram.

“Kami menyerap aspirasi generasi muda Hindu, kegiatan ini kami laksanakan lantaran kehausan generasi muda Hindu yang ingin berkreasi terutama menjelang perayaan Hari Raya Nyepi,” terangnya kepada Ntbsatu.

Tujuan festival ini lanjutnya untuk menyambut Hari Raya Nyepi tahun baru Caka 1944, juga sebagai bentuk dari kebahagiaan umat Hindu. “Festival ini adalah menjadi salah satu bagian dari sekian rangkain acara dalam menyambut Hari Raya Nyepi tahun baru Caka 1944,” tuturnya.

Ia juga mengimbau kepada generasi muda Hindu agar tetap mempertahankan serta melestarikan kegiatan seni dan budaya, salah satunya seperti festival Ogoh-ogoh yang sudah terlaksana kemarin.

Dalam festival Ogoh-ogoh mini ini diikuti sebanyak 48 peserta se Lombok. Dengan beberpa point penilaian diantaranya, sinopsis dan juga keindahan arsitektur dari Ogoh-ogoh mini yang dipamerkan masing-masing peserta.

Kegiatan yang berlangsung sejak pagi itu mendapat pengawalan dari pihak kepolisian dan juga tim satgas Covid-19 Kota Mataram. (MIL)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button