MotoGP

Penonton MotoGP Mandalika Pesan Kamar Hotel Hingga ke Bali

Mataram (NTB Satu) – Hotel hotel di Provinsi Bali juga mendapat manfaat dari gelaran MotoGP di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah. Di Kabupaten Karangasem saja, sebanyak 500 kamar hotel sudah dipesan saat MotoGP digelar Maret 2022 nanti.

“Ya benar, sudah dipesan oleh travel agen di Bali, ada 500 kamar yang sudah disiapkan untuk tamu MotoGP nanti,” kata Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) cabang Karangasem, Wayan Kariasa saat dihubungi dari Mataram, Kamis 3 Februari 2022.

Diketahui, tingkat kebutuhan kamar hotel saat MotoGP nanti cukup tinggi. Pemerintah memberikan kelonggaran penonton sampai 100.000 orang dari kapasitas penonton di Sirkuit Mandalika sebanyak 150.000 penonton, bahkan lebih.

Di Provinsi NTB, berdasarkan data Dinas Pariwisata Provinsi NTB, terdapat sebanyak 24.000 kamar, baik hotel berbintang, non bintang, hingga homestay. Hingga saat ini, belum seluruhnya terpesan. Persoalan yang mencuat adalah tingginya harga kamar hotel. Bahkan kenaikan tarif sewa kamar bahkan di atas seratus persen. Aturan menginap di hotelpun dibuat ketentuannya, ada yang minimal 4 sampai 5 hari.

“Ya, kami juga dengar itu (tingginya tarif kamar hotel di Lombok saat MotoGP),” kata Wayan.

Di Karangasem sendiri, tarif hotel tidak dinaikkan meskipun moment MotoGP. Bahkan cenderung menggunakan tarif promo di masa pemulihan karena pandemi Covid-19. Sebagai gambaran untuk hotel bintang IV, harga kamarnya masih di kisaran 800 ribu rupiah, sampai 1,5 juta rupiah per malam.“Tidak ada kenaikan tarif. Masih promo. Karena masih pemulihan ekonomi juga,” imbuhnya.

Wayan Kariasa menambahkan, balap MotoGP yang diselenggarakan pertama kali di Indonesia, dan tuan rumahnya adalah Lombok, diakuinya menjadi harapan besar bagi pemulihan pariwisata Bali. Sebagai provinsi tetangga terdekat.

Untuk itu, pelaku pariwisata di Bali bahkan sudah menyiapkan paket-paket wisata kepada tamu-tamu MotoGP. Mereka yang menginap di Bali, dipersiapkan kapal cepat dari Padang Bai menuju Lombok. Dengan begitu, penonton MotoGP bisa bolak bali dari Bali untuk menyaksikan balap MotoGP.

“Sudah pasti disiapkan kapal cepat dari Padang Bai untuk tamu yang menonton MotoGP di Lombok. sehabis nonton, bisa balik lagi ke Bali, ke masing-masing hotel tempatnya menginap,” ujarnya.

Pelaku pariwisata di Bali juga berharap, gelaran internasional di Sirkuit Mandalika bisa berlangsung sukses. Karena efek tetesnya dapat dirasakan bersama. (BKA)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button