Daerah NTB

Atlet Triathlon 18 Negara dan 5 Benua akan Jajal Gili Air hingga Sirkuit Mandalika

Mataram (NTB Satu) – PT Hutama Karya (Persero) dan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (Pemprov NTB) memastikan sport tourism event berskala internasional yang diinisiasi oleh Hutama Karya dalam rangka mendongkrak perekonomian dan pariwisata di Lombok, telah siap digelar.

Melintasi Kepuluan Gili Air – Pantai Sire – Kuta Mandalika – Sirkuit Mandalika.

IKLAN

Rangkaian kegiatan triathlon yang terdiri atas renang antar pulau sejauh 2 km, bersepeda 100 km, dan lari 21 km yang dilakukan secara berkesinambungan dalam satu kesatuan waktu oleh tiap peserta sepanjang total 123 km.

Kegiatan diikuti oleh 100 peserta dan berbagai tamu undangan yang berasal dari mancanegara.

Direktur Operasi I Hutama Karya sekaligus Pembina HK Endurance Challenge 2021 Novias Nurendra menyampaikan bahwa Hutama Karya telah siap menyelenggarakan kegiatan HK Endurance Challenge 123K ini.

Saat ini Hutama Karya telah mengantongi izin penyelenggaraan kegiatan dari Satgas Covid NTB, Kapolda NTB, Pemprov NTB, Dinas Pariwisata NTB, Dinas Perhubungan NTB, juga pihak-pihak terkait lainnya.

IKLAN

“Protokol kesehatan yang ketat menjadi aspek utama yang kami siapkan dengan matang dalam penyelenggaraan kali ini,” ujar Novias.

Mengingat event ini melibatkan berbagai atlet internasional yang berasal dari 18 negara mewakili 5 Benua yakni Amerika, Eropa, Asia, Afrika, hingga Australia.

“Kami juga memastikan kesiapan para atlet baik dari segi fisik maupun administrasinya,” sebut Novias.

Jumpa Pers HK Endurance di Dispar NTB

Di sisi lain, Kepala Dinas Pariwisata NTB Yusron Hadi menyampaikan optimisme terhadap dampak positif dari event ini.

“Sektor pariwisata merupakan pendukung penting pertumbuhan ekonomi dan investasi di NTB. Event ini bisa menjadi awal menyambut kesiapan event-event besar lainnya,” ungkap Yusron Hadi.

Sejalan dengan Yusron Hadi, Pengamat Ekonomi Universitas Mataram juga menyampaikan sambutan positifnya atas penyelenggaraan event ini.

“Karena magnet event ada di Lombok NTB, tentu akan berdampak sekali pada ekonomi sekitar,” ujar Abdul Azis Bagis, Pengamat Ekonomi Universitas Mataram.

HK Endurance Challenge Lombok Series yang akan berlangsung di The Mandalika ini merupakan salah satu uji coba event sport tourism atas penggunaan Jalan Kawasan Khusus (JKK) atau lebih dikenal dengan Pertamina Mandalika International Street Circuit.

Para peserta nantinya akan berlari mengelilingi sirkuit sebanyak tiga kali. Dalam pembangunannya, JKK tidak saja diperuntukan sebagai tempat penyelenggaraan event balap motor internasional sekelas MotoGP dan World Superbike (WSBK), namun juga dapat menunjang event-event sport tourism dan pariwisata lainnya.

Kehdiran JKK, berbagai infrastruktur dasar dan penunjang, serta spot alam seperti pantai dan perbukitan, menjadikan The Mandalika sebagai destinasi pilihan untuk menyelenggarakan berbagai event sport tourism.  (HAK)

IKLAN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button