Daerah NTB

Gelombang Capai 2 Meter, Pelabuhan Kayangan-Poto Tano Ditutup

Mataram (NTB satu) – Transportasi laut dari Pelabuhan Kayangan Lombok menuju Pelabuhan Poto Tano Sumbawa Barat ditutup sementara. Alasannya cuaca buruk di Selat Alas memicu gelombang sampai 2 meter. Belum dipastikan kapan pelabuhan akan dibuka kembali.

Keputusan penutupan itu tertuang dalam berita acara penundaan keberangkatan kapal lintasan Kayangan – Poto Tano, Jumat (3/9/2021). Surat dikeluarkan Kementerian Perhubungan, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XII – Provinsi Bali dan Nusa Tenggara Barat KP3 Kayangan.

“Pada Jumat jam 12.30 Wita tanggal 3 September 2021 sehubungan dengan kondisi cuaca yang kurang baik di Selat Alas,” demikian pengumuman yang ditanda tangani Dinas Perhubungan Provinsi NTB, PT. ASDP Indonesia Ferry, KP3 Kayangan dan Syahbandar.

Berdasarka pemantauan cuaca, kecepatan angina mencapai 30 – 34 knot dan tinggi gelombang 1,5 meter sampai 2 meter. Hal ini dianggap membahayakan bagi keselamatan pelayaran.
“Untuk itu, surat persetujuan berlayar untuk kapal motor penyeberangan lintasan Kayangan – Poto Tano untuk sementara kami tunda,” tertulis dalam surat.
Selanjutnya surat persetujuan akan diberikan setelah cuaca normal, hanya saja belum bisa dipastikan waktunya. (red)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button