Daerah NTB

Era Baru Jurnalisme

NTB SATU lahir di tengah suasana yang istimewa, yaitu suasana di tengah pandemi Covid-19. Dalam situasi ini, kita dihadapkan pada begitu banyak peristiwa. Semuanya terjadi dalam bingkai pergulatan manusia melawan ancaman kesehatan.

Pergulatan ini memunculkan begitu banyak perubahan dan pergeseran yang dramatis. Salah satunya adalah, semakin meningkatnya interaksi tanpa bertatap muka secara langsung. Pandemi telah mendorong akselerasi penggunaan teknologi digital dalam interaksi sosial umat manusia.

IKLAN

Di berbagai aktivitasnya, manusia semakin akrab dengan teknologi yang memungkinkan berbagai hal dilakukan tanpa harus memperhitungkan jarak. Ini membuat interaksi sosial dalam kemasan digital menjadi semakin familiar, bahkan tak jarang menjadi sesuatu yang wajib dalam hubungan sosial kita.

Kondisi ini juga mendorong semakin terintegrasinya teknologi digital dalam cara kita mendapatkan, mengolah, menyebarluaskan dan mencerna informasi.

Pers sebagai salah satu aktor dalam rantai informasi di tengah masyarakat, secara otomatis memiliki tanggung jawab yang lebih besar untuk mendorong terciptanya arus informasi yang berkontribusi pada kemajuan peradaban dan kehidupan bersama.

Inilah gelombang baru jurnalisme, dimana signifikansi praktik jurnalisme semakin dibutuhkan untuk mengimbangi sebaran informasi yang seringkali meluas begitu cepat, dan nyaris tanpa kendali.

Namun, peran ini tak mungkin dijalani sendirian. Sebab jurnalisme, pada dasarnya juga adalah kerja sosial yang sifatnya sangat kolektif. Kerja pers, sangat bergantung pada kolaborasi dengan berbagai otoritas di luar dirinya.

Selain pada fungsi dan substansi, berbagai bentuk jurnalisme baru juga bermunculan. Teknologi digital, secara perlahan telah mendorong semakin tingginya konsumsi konten jurnalistik yang berwujud video, dan secara otomatis menekan pertumbuhan konten jurnalistik yang berbasis teks.

Namun, dua jenis konten tersebut seringkali juga dapat dipadupadankan dan saling memperkaya. Teks, video, dan gambar, adalah pembentuk peradaban informasi kita saat ini.

Dalam peradaban ini, upaya untuk terus memperbarui semangat adalah keharusan. Portal berita NTBSATU.COM lahir dalam semangat untuk memberikan warna tersendiri bagi era informasi digital ini. Sebagai portal berita yang lahir dari Provinsi NTB, kami berharap bisa tumbuh sebagai aktor lokal yang bisa memainkan peranan yang global, bahkan universal.

Tidak banyak yang bisa kami janjikan selain keinginan untuk terus memperbaiki diri dan menghadirkan konten yang terbaik yang dapat kami persembahkan. Memulai dengan sederhana, sembari terus melakukan pembenahan di sana sini. Untuk itu semua, semangat berkolaborasi dengan berbagai pihak, akan kami pelihara.

Pada akhirnya, kami percaya, bahwa niat baik dan kerja yang baik akan menjadi titik awal sebelum kami memasrahkan semuanya kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

Semoga, NTBSATU.COM bisa bermanfaat untuk NTB, untuk Dunia dan Kemanusiaan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button