IKLAN
Musik

Resah Atas Realitas Sosial, Musisi Rap Sang Paravu Rilis “Secret of Mindset”

Mataram (NTB Satu) – Musisi rap, yaitu Sang Paravu telah merilis “extended play” atau mini album berjudul Secret of Mindset pada 7 September 2022. Kemudian, ia telah menggelar tur di berbagai lokasi di Lombok Timur dan Lombok Tengah. Selanjutnya pada 21 September 2022, Sang Paravu menyelesaikan tur mini album Secret of Mindset di Gerobak Kopi Jalanan, Mataram.

Dalam mini album Secret of Mindset, Sang Paravu menunjukkan bentuk keresahan personal saat menjalin relasi dengan realitas sosialnya. Keresahan-keresahan yang berbentuk mini album tersebut, telah ia kumpulkan sejak Januari hingga September 2022.

IKLAN

“Ada banyak hal yang telah saya lalui dalam hidup ini. Kemudian, album Secret of Mindset adalah bentuk respons kecil terhadap berbagai permasalahan tersebut,” ujar Sang Paravu, Kamis, 22 September 2022.

Sang Paravu memilih judul Secret of Mindset lantaran merasa bahwa pikiran adalah senjata utama manusia dalam hidup. Menurutnya, pikiran adalah sebuah rahasia yang mesti diselami oleh seluruh manusia.

Pada awalnya, Sang Paravu hendak merilis album, bukan mini album. Namun, dikarenakan tidak memiliki waktu yang cukup, ia akhirnya memutuskan untuk merilis mini album.

“Jujur saja, ketika hendak mengeluarkan mini album, sebenarnya saya sedang dalam kondisi terdesak,” terang Sang Paravu.

Setelah saya merilis mini album Secret of Mindset, Sang Paravu berharap agar lebih banyak orang yang mampu mendalami lirik-lirik dan musik yang telah ia hasilkan. Selain itu, Sang Paravu berharap agar para pendengar makin termotivasi setelah mendengarkan album Secret of Mindset, sebab, mini album tersebut ia buat untuk memotivasi diri sendiri.

“Pasca-merilis mini album, saya berencana untuk mengeluarkan album yang lebih menunjukkan seorang Sang Paravu, yang meliputi tujuan dan kiprah di skena hip-hop. Kemungkinan akan dirilis pada tahun 2023,” beber Sang Paravu.

Untuk meminta tanggapan atas mini album Secret of Mindset, NTB Satu menghubungi seorang penulis lirik sekaligus musisi rap, yaitu BDLZ.

Menurut BDLZ, sejak pertama kali mendengarkan mini album Secret of Mindset, Sang Paravu memang tidak pernah mengecewakan. Pada awal kemunculan, BDLZ yakin bahwa Sang Paravu akan memberikan tawaran yang segar bagi skena hip-hop, setidaknya di Pulau Lombok.

“Dalam kultur rap, sebenarnya tidak hanya soal menyusun kata-kata yang memiliki rima. Namun, lebih mengedepankan teknik syllable, holorhyme, dan masih banyak lagi,” ungkap BDLZ, Kamis, 22 September 2022.

Syllabel atau silabel atau suku kata adalah unit pembentuk kata yang tersusun dari satu fonem atau urutan fonem. 

Sedangkan, holorhyme atau holorim adalah bentuk sajak di mana dua urutan suara yang sangat mirip dapat membentuk frasa yang terdiri dari kata-kata yang berbeda dan dengan arti yang berbeda.

“Nah, Paravu saya kira dominan bermain pada teknik-teknik syllable dan holorhyme. Itulah yang menjadikan Paravu layak untuk diperbincangkan,” papar BDLZ.

Dalam mini album Secret of Mindset, Paravu lebih banyak menggarap lirik-lirik yang merepresentasikan kehidupan personal. Oleh karena itu, BDZL melihat mini album Secret of Mindset sebagai karya seni yang keren.

“Selain itu, diksi-diksi yang dipakai Paravu dalam mini album Secret of Mindset tidak biasa seperti pada lagu-lagu rap yang lain. Pun metafora yang disusun oleh Paravu. Sangat variatif dan di luar dugaan,” tandas BDLZ.

Tidak cukup hanya melalui BDLZ, NTB Satu kemudian meminta tanggapan kepada salah satu musisi rap di Pulau Lombok, yaitu John Gennas.

Menurut John Gennas, mini album Secret of Mindset penuh dengan dinamika. Terdapat bunyi yang bertipe Lo-Fi atau low fidelity dan lain-lain.

Lo-fi atau low fidelity adalah musik atau kualitas produksi di mana unsur-unsur yang biasanya dianggap sebagai ketidaksempurnaan dalam konteks rekaman atau pertunjukan, kadang-kadang dijadikan sebagai pilihan yang disengaja. Lo-fi mulai dikenal sebagai gaya musik populer pada tahun 1990-an, ketika secara bergantian disebut sebagai musik Do It Yourself (DIY).

“Terlebih, sang produser Paravu, yakni Vocabot-P merupakan orang yang banyak menggarap bunyi Lo-Fi. Menurut saya, dinamika yang penuh dalam mini album Secret of Mindset merupakan hal yang unik dan menarik untuk disimak,” ungkap John Gennas, Kamis, 22 September 2022.

Baik mini album secara keseluruhan atau pun lagu per trek, Secret of Mindset, menurut John Gennas, punya dinamika yang ciamik, termasuk beat-beat yang disusun. Musik-musik Paravu dalam The Secret of Mind sangat menyayat.

“Dalam mini album The Secret of Mind, bunyi-bunyi yang paling kerap muncul adalah bunyi instrumen piano. Memasukkan bebunyian piano, saya kira itu sangat relevan dengan susunan bunyi Lo-Fi dan instrumen piano,” terang John Gennas.

Lebih lanjut, terdapat hal yang ingin dikritik John Gennas yaitu artikulasi dari Sang Paravu. Menurutnya, Sang Paravu perlu memperbaiki kualitas artikulasi agar tidak membuat para penyimak kesusahan dalam mencerna musik dan lirik milik Sang Paravu.

Artikulasi sangat penting dalam musik rap. Sebab, John Gennas menerangkan, lirik yang telah ditulis cukup bagus akan tampak sangat sia-sia bila penyimak tidak mampu mengonsumsinya.

“Kalau pun nanti apabila artikulasi Sang Paravu telah maksimal, kemudian masih terjadi kekeliruan, itu artinya terdapat masalah dalam pengaturan pengeras suara belaka,” pungkas John Gennas. (GSR)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button