MXGP

Sebelum Nonton, Simak Jenis jenis Rintangan di Sirkuit MXGP

Mataram (NTB Satu) – Sebentar lagi, NTB bakal menjadi tuan rumah perhelatan Moto Cross Grand Prix (MXGP) of Indonesia yang dilaksanakan di Rocket Motor Circuit Samota, Kabupaten Sumbawa. Namun, sebelum menyaksikan MXGP, ada baiknya mengetahui ragam jenis lintasan di sirkuit MXGP.

Berikut ini adalah ragam jenis lintasan di ajang MXGP:

  1. Booter

Satu lompatan yang benar-benar besar. Mampu memberikan waktu lama untuk rider terbang dan berada tepat sebelum atau di garis Finish Line sebagai sisi untuk mendaratnya para pembalap. Penampakan pembalap yang terbang tentu bakal membuat penonton berdecak kagum.

  1. Whoops

Pada dasarnya, Whoops merupakan gundukan kecil yang cukup banyak. Whoops dapat mempercepat laju motor. Saat melewati Whoops, para pembalap kerap melaju dengan kecepatan tinggi dan sering melompati beberapa gundukan tersebut bukan dengan melewati satu persatu.

  1. Table Top

Table Top merupakan rintangan berbentuk trapesium yang memiliki gundukan tanah tinggi dan cenderung datar pada bagian atas. Table Top mampu mengangkat pembalap sebelum terjun kembali ke lintasan. Ketinggian maksimum dari Table Top adalah dua meter dengan sudut maksimal 35 derajat.

  1. Double Jump

Double Jump merupakan jenis rintangan yang terdiri dari dua dompak lompatan. Rata-rata, Double Jump memiliki tinggi mencapai satu hingga dua meter dengan sudut kemiringan maksimal 35 derajat. Saat melewati Double Jump, pembalap mampu melompat berkat perbedaan tinggi dan kecepatan hingga melompati pembalap yang lain.

  1. Single Jump

Hampir sama dengan Double Jump, Single Jump memiliki tinggi mencapai satu hingga dua meter serta sudut kemiringan maksimal 35 derajat. Namun, Single Jump hanya memiliki satu dompak.

  1. Flat Corner

Sebuah tikungan yang datar tanpa. Tidak berm, cukup licin, dan menyerupai tikungan seperti di ajang balapan pada trek yang rata.

Demikianlah beberapa jenis rintangan ajang MXGP yang  tergelar pada 24, 25, dan 26 Juni 2022 di Rocket Motor Circuit Samota, Kabupaten Sumbawa.

Sebelumnya, menurut keterangan dari Komandan Lapangan MXGP of Indonesia, H. Ridwan Syah, Rocket Motor Circuit Samota telah rampung dibangun.

“Samota ini akan menjadi seri ke-12 dari 22 seri MXGP tahun 2022 dan sudah ditunggu oleh para pecinta motocross di Tanah Air,” ujar Ridwan, Jumat, 17 Juni 2022.

Informasi resmi yang diterima dari pihak Infront, selaku penyelenggara MXGP, untuk MXGP of Indonesia Samota akan dihadiri oleh 35 orang pembalap.

“Seluruh pembalap ini akan tiba di Samota tanggal 23 Juni mendatang,” pungkas Ridwan. (GSR)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button