Tingkatkan Kemahiran Berbahasa Indonesia, Kantor Bahasa NTB Gelar Diskusi Diseminasi UKBI

Mataram (NTB Satu) – Sejak diluncurkan pada 2021 lalu, Uji Keterampilan Berbahasa Indonesia (UKBI) telah menyasar ribuan peserta dari berbagai karakteristik penutur bahasa Indonesia di Provinsi NTB.

UKBI ini merupakan salah satu program Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa yang hasil ujinya menjadi indikator dalam peningkatan kemahiran berbahasa masyarakat.

Kantor Bahasa Provinsi NTB yang berada di bawah naungan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa turut mensukseskan pelaksanaan UKBI pada Rabu 1 Maret 2023 melalui Zoom. Dalam kegiatan ini Kantor Bahasa mengajak para pemangku kepentingan pada bidang pendidikan di NTB untuk berdiskusi mengenai pelaksanaan dan memanfaatkan hasil UKBI di Provinsi NTB.

Kepala Kantor Bahasa Provinsi NTB, Dr. Puji Retno Hardiningtyas, S.S., M.Hum memaparkan langkah-langkah dan pencapaian yang telah dilakukan dan diraih oleh Kantor Bahasa dalam melaksanakan UKBI.

“Pelaksanaan UKBI yang merupakan salah satu program prioritas Badan Bahasa, tentu tidak lepas dari dukungan para pemangku kepentingan di bidang pendidikan, termasuk Kepala Dinas Pendidikan dan elemen-elemen di bawahnya. Untuk itu, kami berharap ada dukungan penuh dari Dinas Pendidikan di Provinsi NTB sehingga pelaksanaan UKBI ini dapat berjalan secara maksimal,” ungkap Retno.

Permohonan tersebut ini disambut baik oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Mataram, Yusuf, S.Pd. Yusuf menganggap, UKBI ini tidak hanya penting bagi siswa tetapi penting untuk kompetensi para pendidik.

“Saya menilai UKBI ini memang penting. Tidak hanya siswa, tetapi juga kompetensi guru-guru, kepala sekolah, para pengawas, khususnya Pengawas Bidang Studi Bahasa Indonesia dapat diukur dengan UKBI,” ujar Yusuf.

Diskusi tersebut dihadiri Kepala Kantor Bahasa Provinsi NTB, Kepala Dinas Pendidikan Kota Mataram, Kepala Kanwil Kemenag Kota Mataram, perwakilan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lombok Barat, perwakilan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB, serta Kepala SD, SMP, dan SMA di Kota Mataram.

Setelah diskusi, kegiatan dilanjutkan dengan mengikuti acara Diseminasi Kemahiran Berbahasa Indonesia yang dilaksanakan secara nasional oleh Pusat Pembinaan Bahasa Bahasa dan Sastra melalui pertemuan Zoom. Sebanyak 20 siswa dari SMPN 15 Mataram dan SMAN 5 Mataram hadir secara daring sebagai peserta.

Acara tersebut diisi oleh Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa yang membahas Kebijakan Kemahiran Berbahasa Indonesia, dilanjutkan dengan materi Kemahiran Berbahasa bagi Penerjemah, Pengalaman dan Manfaat UKBI bagi Mahasiswa, dan materi kemahiran lainnya bersama beberapa narasumber lain. Selain itu, terdapat pula kuis interaktif yang memantik siswa dan 1.000 peserta lain dalam Zoom untuk terus mengembangkan kemahiran berbahasa Indonesianya.

Dalam kesempatan yang sama, Kantor Bahasa Provinsi NTB juga meluncurkan buku Peta Kemahiran Berbahasa Indonesia Tahun 2022. Buku tersebut sebagai bentuk pelaporan uraian hasil UKBI yang telah dilaksanakan pada tahun 2022. (JEF)

Exit mobile version