BERITA NASIONAL

TNI Berpeluang Operasi Senyap Pembebasan Pilot Susi Air, Begini Kata Pengamat

Di sisi lain, Fahmi juga menilai penyanderaan ini justru bisa menjadi bumerang bagi KKB pimpinan Egianus Kogoya. Sebab, dunia internasional akan melihat tindakan pelanggaran hukum yang acap kali dilakukan kelompok tersebut.

“Masyarakat internasional sebenarnya cukup paham bahwa kelompok bersenjata yang tersebar di berbagai daerah hutan dan pegunungan Papua itu sebenarnya terdiri dari kelompok-kelompok kecil dengan kepemimpinan yang relatif otonom, kompetitif dan memiliki interest berbeda-beda,” ungkap Fahmi.

Adapun sang pilot yang merupakan warga negara Selandia Baru bersama lima penumpang Susi Air hilang kontak sesaat setelah mereka mendarat di Bandar Udara Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan, pada Selasa, 7 Februari 2023 lalu.

Pesawat dengan nomor registrasi PK-BVY itu diduga dibakar oleh KKB pimpinan Egianus Kogoya sesaat setelah mendarat. Lima penumpang merupakan orang asli Papua.

Kelimanya telah dievakuasi dan kembali ke rumah masing-masing. Sementara Philips masih dibawa KKB. Belakangan, tim negosiasi telah membuka komunikasi dengan KKB. Pihak KKB meminta uang dan senjata sebagai syarat pembebasan sang pilot.(RZK)

Laman sebelumnya 1 2

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button