Institusi Kemaritiman NTB Patroli Bersama Jelang WSBK Mandalika

Mataram (NTB Satu) – Event World Superbike (WSBK) 2023 akan digelar mulai tanggal 3 sampai 5 Maret 2023 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah.

Dalam rangka itu, Instansi Kemaritiman dari TNI – Polri, Bea Cukai, SAR dan ASDP menggelar patroli kemaritiman, Selasa 21 Februari 2023.

Patroli bersama tersebut dipimpin Direktur Polairud Polda NTB, Kombes Pol. Kobul S. Ritonga  bersama Danlanal Mataram, Kolonel Laut (P) Djawara Heny Twies Wimbo. Patroli dimulai dari Perairan Pelabuhan Lembar, Lombok Barat.

“Jadi hari ini kami dari Angkatan Laut, Polairud NTB, bersama rekan instansi Kemaritiman lainnya melaksanakan apel alutsista sekaligus patroli bersama. Tujuannya untuk pengamanan Event WSBK yang akan dimulai 3 Maret 2023,” Danlanal Mataram, Kolonel Laut (P) Djawara Heny Twies Wimbo.

Dalam patroli ini, Lanal Mataram menerjunkan tiga kapal. Sementara dari Polairud menurunkan seluruh unsur kekuatan perangkatnya. “Tadi kami lakukan patroli sampai dengan Perairan Mandalika, hal ini ke depan secara rutin, memastikan event Internasional aman,” sambungnya.

Sementara itu, Dir Polairud Polda NTB, Kombes Pol Kobul S Ritonga menjelaskan, potensi gangguan keamanan di laut sifatnya dinamis. Mulai dari antisipasi cuaca buruk sampai dengan antisipasi kecelakaan laut.

“Apel kesiapan sudah kami lakukan, bagaimana agar anggota mampu melakukan respons cepat, tentunya untuk pertolongan laut. Fasilistas sudah kami lengkapi,” jelas Kobul.

Untuk pengamanan wilayah perairan sendiri, lanjut Kobul, pihaknya akan melakukan pengawasam pada empat pelabuhan yang ada. Diantaranya, Pelabuhan Lembar, Gili Mas, Kayangan, dan Bangsal.

“Kami akan fokus pada empat pelabuhan ini. Untuk memastikannya, kami akan gencarkan patroli secara rutin, jadi nanti penonton yang datang, dengan melihat anggota di lapangan, akan yakin dengan keamanan di NTB,” pungkasnya. (MIL)

Exit mobile version