Kabupaten Sumbawa Gunakan Atlet Luar Daerah di Porprov, Sejumlah Daerah Ajukan Protes

Mataram (NTB Satu) – Delapan kontingen yang mengikuti Porprov XI NTB 2023, khususnya di Cabor Badminton, melayangkan protes. Penyebabnya yaitu adanya penggunaan atlet asal luar NTB dalam gelaran olahraga bergengsi tersebut.

Kontingen Kabupaten Sumbawa disnyalir menggunakan jasa atlet asal Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, bernama Archi Fauzil Adhim. Sehingga delapan kontingen, diantaranya, kota Mataram, Lombok Timur, Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Utara, Bima, Dompu, dan KSB resmi melayangkan protes.

“Surat resmi keberatan, sudah kita ajukan pada KONI NTB melalui Panpel Cabor Bulu Tangkis dan Panpel Porprov XI NTB,” ujar Ketua Umum PBSI Kota Mataram, Lalu Rudi Gunawan, Minggu 19 Desember 2023.

Dalam surat PBSI dengan Nomor 001/PBSI/II/2023 itu ada permohonan agar panitia Porprov XI NTB membatalkan izin keikut sertaan dari atlet tersebut.

“Jika merujuk peraturan KONI Pusat, maka Archi yang lahir di Kendal telah melanggar dua pasal (pasal 11 dan 12) yang mengatur persyaratan mutasi.

Hal itu juga diatur dalam ketentuan KONI NTB, bahwa aturan mutasi atlet harus minimal enam bulan sebelum pelaksanaan Porprov. Sedangkan, Archi sendiri melakukan mutasi justru baru sekitar Januari 2023. Itu artinya prosesnya belum genap selama dua bulan. 

“Oleh karena itu, maka sebaiknya tim keabsahan KONI dan Ketua KONI NTB harus cepat membatalkan atlet bayaran yang bukan dari asli daerah itu. Sebab, hal itu sangat mencederai jiwa sportivitas Porprov NTB dan sangat merugikan atlet daerah NTB,” bebernya.

Wakil Ketua II KONI NTB Husnanidiaty Nurdin yang dikonfirmasi mengatakan, atlet yang bersangkutan sudah sah mengikuti Porprov XI 2023. Karena sudah menyerahkan surat mutasi.

Dalam Technical Handbook (THB) yang dikeluarkan Pengprov PBSI NTB, tidak ada aturan yang mencantumkan batas minimal mutasi untuk mengikuti Porprov. “Itu sudah clear tidak ada masalah sebenarnya,” katanya.

Dijelaskannya juga, berbeda dengan PON karena dalam aturan PON dirincikan secara rinci. Atlet yang melakukan mutasi ada batasan tahun minimalnya. (MIL)

Exit mobile version