Buka Porprov XI, Waketum KONI Sebut NTB Sumber Atlet Berprestasi

Mataram (NTB Satu) – Pembukaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XI NTB tahun 2023 diawali pawai defile ribuan atlet dan ofisial dari 10 kontingen kabupaten/kota se-Provinsi NTB. Pembukaan tersebut berlangusng di Lapangan Sangkareang, Sabtu 18 Februari 2023.

Pembukaan ajang olahraga bergengsi di Provinsi NTB itu dihadiri sebanyak 1.000 perwakilan atlet dan ofisial. Selain itu tampak hadir Wakil Ketua KONI, Mayjen Purn Suarno; Gubernur NTB, Dr Zulkieflimansyah; Wali Kota Mataram, Mohan Roliskana, Ketua KONI NTB, Mori Hanafi; dan Bupati/Walikota se NTB.

Didaulat membuka gelaran Porprov XI NTB, Waketum KONI Mayjen Purn Suarno, pada sambutannya sempat memuji prestasi yang telah ditorehkan atlet-atlet di Provinsi NTB. Ia menyebut, NTB menjadi sumber atlet berprestasi.

“Kita punya atlet yang mengharumkan nama negara seperti Zohri dan Maria Londa. Provinsi NTB juga merupakan sumber atlet berprestasi, khususnya di Atletik, Voli Pantai, Tarung Drajat, Wushu dan beberapa Cabor lainnya,” ungkapnya.

Dengan potensi itu, Provinsi NTB diyakini akan menoreh prestasi gemilang pada gelaran PON 2024 di Provinsi Aceh dan Sumatra Utara.

“Pada PON tahun 2024 ada 64 Cabor yang akan dipertandingkan. Saya meyakini akan muncul atlet-atlet berpestasi baru, seperti di Cabor Pacuan Kuda, Dansa, Selancar Ombak, dan Paralayang,” sebutnya.

Dirinya juga mengatakan, ajang Porprov XI NTB ini merupakan langkah awal perkembangan olahraga di NTB, pasalnya pada tahun 2028 mendatang, NTB bersama dengan NTT akan menjadi tuan rumah.

“Gelaran Porprov XI tahun 2023 di NTB, akan menjadi langkah awal menguji kematangan para atlet menuju PON tahun 2028. KONI telah menunjuk Provinsi NTB bersama NTT menjadi tuan rumah,” ujarnya.

Sebelumnya Ketua KONI NTB, Mori Hanafi mengatakan, gelaran Proprov XI ini diikuti oleh 4.690 atlet dan ofisial dari 10 Kabupaten/Kota di NTB. Meski dengan anggaran yang kurang, jumlah tersebut dikatakannya jauh melonjak dibanding Porprov 2018 dengan jumlah peserta 3.600 orang.

“Anggaran yang terbatas tidak membuat kami mundur dalam pelaksanaan Porprov XI ini. Kami ucapkan terimakasi kepada Gubernur NTB dan Walikota Mataram sebagai tuan rumah,” ucapnya.

Dirinya juga menyampaikan, gelaran Porprov XI di NTB kali ini menjadi pertaruhan sejauh mana NTB mampu menyelenggarakan ajang olahraga bergengsi. Pasalnya di tahun 2028 mendatang, NTB bersama NTT akan menjadi tuan rumah PON.

“Terima kasih sudah menunjuk kami sebagai tuan rumah PON tahun 2028,” ujarnya.

Untuk diketahui, Porprov XI NTB 2023 akan berlangsung pada 18 – 26 Februari 2023. Gelaran tersebut akan melangsungkan 475 nomor pertandingan dari 35 cabor. (MIL)

Exit mobile version