NTB dan Notthingham University Resmi Tanda Tangan Kerjasama untuk Isu Perubahan Iklim

Mataram (NTB Satu)– Pemprov NTB resmi menandatangani kerja sama kehendak atau Letter of Intent (LoI) dengan Nottingham University, Kamis 16 Februari 2023 di Notthingham City UK. Kerjasama ini bisa mendorong transfer pengetahuan dari hasil riset terkait perubahan iklim dan bertukar ide until mencapai Net Zero Emisssion.

Pemprov NTB diwakili Wakil Gubernur NTB Dr. Ir. Siti Rohmi Djalilah dalam kerja sama itu. Wagub disambut oleh Tim dari Notthingham University, David Ouchterlonie Global Enggagament Director, Prof. Patrick Wheeler, Prof. Meryem Duygun, Dr Nicole Yang, Prof. Dr. Bagus Muljadi.

Rombongan NTB terdapat juga Kepala Bappeda Dr. Ir. Iswandi, Julmansyah, S.Hut., MAP Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kepala Bidang Persampahan Firmansyah, S.Hut., M.Si, Dr. Eka Suryani dari Bappeda NTB.

Dalam acara penandatangan kehendak atau Letter of Intent (LoI) hadir secara online oleh Mr. Summer Xia British Council Indonesia Director. Dalam kesempatan tersebut British Council Indonesia sangat mendukung inisiasi kerjasama antara NTB dan Nottingham University, dan siap mengambil peran aktif untuk menjembatani kegiatan kerjasama ini.

Mr. Summer Xia juga menekankan bahwa kerjasama ini bisa mendorong transfer pengetahuan dari hasil riset terkait perubahan iklim dan bertukar ide untuk mencapai Net Zero Emisssion.

Banyak potensi yang dapat dikembangkan terkait pendidikan, manajemen pengelolaan sampah, infrastruktur hijau.

Sangat berharap agar kolaborasi ini dapat memberikan hasil nyata yang mendukung pembangunan rendah karbon.

Wakil Gubernur NTB dalam kesempatan ini menyampaikan, sangat senang dan berterima kasih atas undangan dan kesempatan kerjasama dengan Nottingham University, bertujuan untuk mendukung tujuan mulia Net Zero Emission 2050.

NTB memiliki banyak potensi dari beragam energi baru terbarukan, pemanfaatan dari potensi EBT ini dpt membantu untuk mengurangi emisi gas rumah kaca. Target Net Zero Emission (NZE) diharapkan dapat tercapai 2050, strategi yang dilakukan adalah kolaborasi multi pihak untuk mensinergikan sumber daya yang ada untuk bekerjasama.

Wakil Gubernur juga menyampaikan sangat berharap agar Nottingham University dengan keahlian, riset dan sumber daya yang ada untuk mendukung NTB mencapai NZE 2050 di NTB.

Pihak Notthingham Unibersity yang diwakili David Ouchterlonie Global Enggagament Director mengatakan sangat senang bisa bekerjasama dengan pemerintah provinsi NTB secara langsung, Banyak potensi keahlian dari para peneliti di Nottingham University yang dapat dioptimalkan untuk mendukung NTB mencapai NZE 2050.

Dukungan untuk NZE 2050 menjadi prioritas dengan membangun sinergi dari berbagai disiplin ilmu pengetahuan yang menjadi kekuatan dari Nottingham University.

Lebih lanjut David mengatakan kegiatan penandatanganan naskah LoI menjadi momentum yang baik untuk integrasi lintas keilmuan untuk NZE 2050 di NTB.

Kesamaan visi target ambisi NZE 2050 dari pemerintah provinsi NTB dan Nottingham University menjadi pengikat yang kuat untuk keberhasilan pelaksanaan kerjasama untuk mendukung pengurangan emisi. Sangat berharap kerjasama ini dapat memberikan manfaat yang besar untuk masyarakat NTB dalam meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan. (HAK)

Exit mobile version