Dalam Foto Satelit, Bumi Terbelah karena Gempa Turki

Mataram (NTB Satu) – Gempa super besar yang mengguncang Turki dan Suriah pada Senin, 6 Februari 2023 lalu minumbulkan retakan terpanjang dalam catatan sejarah.

Para ilmuwan menemukan retakan tersebut dengan membandingkan gambar daerah dekat pantai Laut Mediterania yang diambil oleh satelit pengamat Bumi Eropa Sentinel-1 sebelum dan sesudah gempa dahsyat bermagnitudo 7,8 terjadi.

Menurut peneliti dari Pusat Pengamatan & Pemodelan Gempa Bumi, Gunung Berapi dan Tektonik (COMET) Inggris, retakan panjang membentang 300 kilometer ke arah timur laut dari ujung timur laut Laut Mediterania. Ia tercipta dari gempa pertama dari dua gempa besar yang melanda wilayah tersebut.

“Pecahan seperti itu biasanya muncul setelah gempa kuat,” kata Pimpinan Tim COMET, Profesor Tim Wright, dikutip dari Space, Kamis, 16 Februari 2023.

Gambar 1. Dok Copernicus/NERC/COMET
Dua retakan muncul di Bumi setelah gempa dahsyat Turki.

Kedua retakan yang muncul terlihat sangat panjang. Ini bisa menjadi sebuah bukti betapa besarnya energi yang dilepaskan oleh gempa bumi.

Retakan yang lebih panjang membentang 300 kilometer ke arah timur laut dari ujung timur laut Laut Mediterania. Retakan itu diciptakan dari dua gempa besar pertama yang melanda wilayah itu. Retakan kedua, sepanjang 125 km, terbuka selama gempa kedua, sekitar sembilan jam kemudian.

“Semakin besar gempanya, makin besar patahannya dan semakin tergelincir,” terang Wright.

Dua patahan kerak bumi akibat gempa Turki ini adalah salah satu yang terpanjang di benua. Juga sangat tidak biasa untuk kejadian dua gempa besar yang terjadi dalam beberapa jam.

Pergerakan lempeng tektonik yang menyebabkan gempa bumi sedemikian rupa sehingga retakan terlihat jelas di permukaan. Letaknya melewati kota-kota dan dalam beberapa tempat langsung melalui bangunan.

Gambar 2. Kombinasi gambar satelit 26 Juli 2022 dan 8 Februari 2023 yang disediakan oleh Maxar Technologies menunjukkan bangunan dan stadion di pusat kota Kahramanmaras, Turki sebelum dan sesudah gempa kuat melanda wilayah tersebut pada Senin, 6 Februari 2023. (Maxar Technologies melalui AP).

“Kami memperkirakan kemungkinan perpindahan horizontal jarang hingga 5 meter,” ujar peneliti COMET, Milan Lazecky.

“Memang, perpindahan medan yang begitu besar tidak dapat dilewatkan oleh orang-orang yang tinggal di wilayah tersebut.”

Daerah ini, di utara Siprus memang disebut rentan terhadap gempa bumi yang dahsyat. Itu karena tiga lempeng tektonik, lempeng Anatolia, Arab, dan Afrika, bertemu di sini, hingga akhirnya menciptakan tekanan saat mereka saling bertabrakan.

Lebih dari 20.000 orang dilaporkan tewas, dan banyak korban kemungkinan masih terkubur di bawah reruntuhan karena operasi penyelamatan berjalan lambat, terutama di pihak Suriah, yang telah dilanda konflik bersenjata selama bertahun-tahun. (RZK)

Exit mobile version