BERITA LOKALLombok Timur

50.000 Warga Lombok Timur Masih Menyandang Status Miskin Ekstrem  

Lombok Timur (NTBSatu) – Angka kemiskinan ekstrem di Kabupaten Lombok Timur terbilang masih cukup tinggi hingga tahun ini.  

Menurut data Pemkab Lombok Timur, dari total 1,3 juta penduduk Lombok Timur, sebanyak 50.908 jiwa di antaranya menyandang status miskin ekstrem.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) NTB tahun 2023, secara nasional NTB menduduki rangking 8 dari 37 Provinsi terkait kemiskinan, dengan persentase 13,8 persen.

Pj Bupati Lombok Timur, M Juaini Taofik, mengatakan berbagai upaya telah dilakukan untuk mengentaskan kemiskinan ekstrem. Seperti melakukan program  Pengembangan Kelulusan Kemiskinan dan Ketangguhan Masyarakat.

“Melalui program ini diharapkan bisa mengubah nasib masyarakat Lombok Timur, terutama bisa menaikkan taraf ekonominya,” kata Taofik, Senin, 1 April 2024.

Berita Terkini:

Selain itu, lanjut Taofik, pelayan kesehatan bagi masyarakat miskin juga menjadi program prioritas.

“Di tahun 2023 kita mengalokasikan anggaran Rp36 miliar  untuk program BPJS Kesehatan. Sedangkan di 2024 ini anggarannya naik menjadi Rp76 miliar,” ucapnya.

Meski adanya kenaikan anggaran, Taofik mengaku masih ada masyarakat miskin yang belum terdata ataupun terdaftar BPJS Kesehatan.

Ia pun berharap data kemiskinan tersebut terus diperbarui. Hal itu guna memudahkan pemberian pelayanan dan pelaksanaan program bagi warga tidak mampu.

“Kita minta ke semua pimpinan untuk ikut  bersinergi sesuai dengan tupoksi,” ujarnya. (MKR)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button