Rakornas Al Islam dan Kemuhammadiyahan, Kampus Ummat Kembangkan Ciri Khas PTM

Mataram (NTB Satu) – Universitas Muhammadiyah Mataram (Ummat) menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pimpinan Perguruan Tinggi Muhammadiyah/’Aisyiyah bidang Al Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK).

Kegiatan diikuti oleh pimpinan Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) dan Lembaga AIK. Sementara Kampus Ummat diwakili Wakil Rektor IV, Drs. Abdul Wahab dan Ilham, M.Pd.B.I sebagai Kepala Devisi Pengkajian dan Pengembangan Pendidikan AIK.

“Rakornas ini merupakan ikhtiar Majelis Pendidikan Tinggi, Penelitian dan Pengembangan Pimpinan Pusat Muhammadiyah dalam rangka pengembangan catur darma PTM/A keempat yaitu Al Islam dan Kemuhammadiyahan,” kata Abdul Wahab dalam keterangan tertulis diterima ntbsatu.com.

Kegiatan ini dilaksanakan mulai hari Senin sampai Rabu, tanggal 4-6 Juli 2022 di Hotel Bumi Surabaya City.

Dalam sambutannya, Prof. Lincolin Arsyad, Ph.D mengatakan bahwa AIK merupakan keunikan dan Keunggulan tersendiri bagi PTM/A. Sebagai ketua Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan Pimpinan Pusat Muhammadiyah, beliau mengharapkan Pimpinan PTM/A harus menetapkan kebijakan khusus bagi pengembangan AIK sebagai Living Values (Nilai yang hidup dan menghidupkan) bagi seluruh unsur atau lembaga pada masing-masing PTM/A.

Hal ini juga dipertegas oleh Dr. H. Agung Danarto, M.Ag, sekretaris Pimpinan Pusat Muhammadiyah bahwa Rakornas Bidang AIK merupakan acara strategis dan AIK harus menjadi fondasi bagi paham keagamaan dan pengembangan ilmu pengetahuan baik ilmu sosial, eksak, terapan, dan profesi yang mengacu pada nilai-nilai AIK.

“Peserta dibekali beberapa materi kegiatan seperti Kebijakan Majelis Diktilitbang PPM dan Program Strategis AIK,” ujarnya.

Pada akhir sesi kegiatan akan dilaksanakan deklarasi Surabaya terkait Pengarusutamaan AIK di PTM/A.

Abdul Wahab menambahkan, diperlukan format integrasi kebijakan secara komprehensif terkait pengelolaan dan pengembangan AIK di Universitas Muhammadiyah Mataram. (HAK)

Exit mobile version