Mau Nonton MXGP Samota ? Nanti Ada Shuttle Bus Gratis yang Disiapkan Dishub

Mataram (NTB Satu) – Untuk melancarkan transportasi penonton MXGP Samota selama berlangsungnya event balapan, Pemprov NTB telah menyiapkan shuttle bus di dua titik yaitu di Pelabuhan Badas dan Terminal Sumer Payung Sumbawa dengan jumlah armada sekitar 30 unit.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi NTB H. Lalu M Faozal mengatakan, mulai tanggal 21 – 26 Juni mendatang, ada layanan kapal cepat dari Labuhan Lombok menuju ke Pelabuhan Badas Sumbawa untuk melayani penonton MXGP yang datang dari arah Lombok.

“Waktu tempuh 1 jam 40 menit kita sudah sampai di Badas. Di Badas kita akan siapkan shuttle bus untuk penonton yang akan menggunakan kapal cepat dan itu free,” ujar Faozal Jumat 10 Juni 2022.

Sementara itu penonton yang datang melalui penyeberangan Kayangan – Poto Tano disediakan kapal reguler sebanyak 10 kapal setiap hari selama 24 jam. Setelah sampai di Sumbawa Besar, penonton bisa menaiki shuttle bus di terminal Sumer Payung yang akan membawa penumpang ke lokasi acara.

Saat ini Dinas Perhubungan NTB sedang mendorong layanan penerbangan tambahan menuju Sumbawa khususnya di periode tanggal 22 sampai 26 Juni mendatang. “Kita sedang dorong ke Wings Air untuk mendapatkan extra flight empat kali dalam satu hari untuk yang membutuhkan penerbangan,” terangnya.

Faozal mengatakan, di Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin Sumbawa sudah ada layanan Angkutan Sewa Khusus (ASK) dengan tarif yang sudah ditentukan. Sehingga penyelenggara ASK dilarang menaikkan tarif ASK bagi penonton MXGP diluar ketentuan yang berlaku.”Kita minta jangan ada aji mumpung” tekannya.

Di dalam areal Sirkuit MXGP disediakan areal parkir yang cukup luas, namun Pemda Sumbawa dan Polres Sumbawa sudah mengeluarkan imbauan agar sedapat mungkin para penonton menggunakan roda dua atau sepeda motor ke lokasi balapan. Hal ini ditekankan untuk menghindari potensi kemacetan lalu lintas selama event berlangsung. (ZSF)

Exit mobile version