Dompu

Intip Megahnya Bendungan Tanju, Lokasi Sirkuit Pacuan Kuda Internasional di Dompu

Mataram (NTB Satu) – Selain terkenal dengan pemandangannya yang indah, Kabupaten Dompu juga memiliki satu ikon yang tidak kalah menarik dengan kota lainnya. Di Dompu ada Bendungan Tanju yang megah dan terhampar pemandangan indah.

Makin khas karena tulisan ‘Bendungan Tanju’ ditulis di sebuah batu pondasi mirip punden berundak.

IKLAN

Bendungan Tanju berstatus Proyek Strategis Nasional, yang pembangunan konstruksinya dilakukan pada tahun 2015 dan beroperasi pada tahun 2018. Pembangunan Bendungan Tanju menelan biaya sebesar Rp 298 miliar.

Peresmian Bendungan Tanju dilakukan oleh Presiden Joko Widodo pada 30 Juli 2018. Manfaat Bendungan Tanju adalah mampu menampung air sebesar 18,27 juta meter kubik.

Dengan adanya bendungan, petani setempat dapat melakukan panen hingga tiga kali dalam setahun dari sebelumnya hanya satu kali.

Selain itu, mengairi lahan seluas 3.939 hektare, menyediakan pasokan air baku sebesar 0,05 meter kubik/detik dan menghasilkan listrik sebesar 0,5 Megawatt.

Pada saat banjir, luas genangan bendungan mencapai 120,74 hektare, dengan luas minimum 109,5 ha dan maksimum 120 ha. Adapun volume air bendungan saat banjir mencapai 20,4 juta meter kubik.

Kondisi normalnya adalah 18,27 juta meter kubik dan kondisi efektifnya adalah 17,16 juta meter kubik. (Dikutip dari Wikipedia)

Dalam proses pembangunan, pemerintah merelokasi sebanyak 400 kepala keluarga dengan mendapat penggantian tanah, rumah, pekarangan, dan pemukiman baru.

Bendungan Tanju memiliki luas 387 hektare. Pengelola bendungan ini adalah BWS Nusa Tenggara I. Nindya Karya dan Hutama Karya bertindak sebagai kontraktor yang membangun.

Fungsi lain dari Bendungan Tanju ialah untuk meningkatkan daya tarik wisatawan.

“Pariwisata bisa, nanti bisa wisata air. Juga bisa perikanan, bahkan pengendali banjir, tapi jangan kerambah ya,” kata Hari Suprayogi, Direktur Jenderal SDA Kementerian PUPR.

Hal menarik lainnya adalah bagaimana masyarakat sekitar melihat dan memaknai Bendungan Tanju. Warga sekitar kerap kali memilih untuk berekreasi di Bendungan Tanju.

“Tempat wisata yang keren dan indah cocok buat liburan bersama keluarga,” tulis akun @maryatiramlin.

Tahukah Anda, belakangan ini muncul narasi bahwa di dekat Bendungan Tanju, bakal terhelat Sirkuit Pacuan Kuda kelas Nasional dan Internasional. Itu artinya, Bendungan Tanju sebagai aspek untuk menarik wisatawan, memang benar-benar nyata. Namun, mengenai titik tepatnya lokasi balapan, belum diketahui. (GSR)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button