BERITA LOKALISU SENTRAL

Menengok Kondisi Hilirisasi Rumput Laut di Jerowaru yang akan Ditinjau Jokowi: Terperangkap Ijon, Harga Jual Anjlok

Lombok Timur (NTBSatu) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, dijadwalkan datang ke Kabupaten Lombok Timur pada Kamis, 29 Februari 2024 mendatang.

Agendanya, untuk memantau pabrik program hilirisasi produk rumput laut atau geranggang di Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur.

Menyambut kedatangan itu, NTBSatu akan memberi sedikit kisi-kisi tentang realitas kondisi petani rumput laut di wilayah tersebut.

  1. Petani Terperangkap Ijon

Kelangsungan budidaya rumput laut oleh petani di wilayah tersebut sangat bergantung pada kebijakan pengepul atau tengkulak.

Hampir semua proses budidaya rumput laut atau geranggang dalam bahasa setempat, menggunakan sistem ijon, atau kredit modal dari tengkulak.

Berita Terkini:

Imbasnya, hasil panen harus dijual ke tengkulak tersebut dengan kebijakan harga sepenuhnya berada di tangan tengkulak.

Praktik seperti perangkap bagi petani. Mereka sangat sulit terlepas karena keuntungan panen tidak pernah cukup menjadi modal awal budidaya. Bahkan hanya untuk membeli benih rumput laut.

“Modal awal beli bibit biasanya Rp3 juta per ton. Untung bersih kita paling Rp500 ribu. Itupun tidak sebanding dengan tenaga,” kata seorang petani rumput laut di Desa Seriwe, Jerowaru, yang menolak disebutkan namanya, Jumat, 23 Februari 2024.

Meski keuntungannya tak seberapa, ia dan sebagian besar warga Seriwe pun terpaksa mengulangi rutinitas yang sama karena tidak adanya alternatif pekerjaan lain yang tersedia.

  1. Harga Jual Anjlok

Sejak beberapa bulan terakhir, petani geranggang dibuat pusing dengan anjloknya harga geranggang di tengah meroketnya harga bahan pokok.

1 2Laman berikutnya

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button