Bappenda NTB Bertabur Harapan di Kabupaten Lotim

Mataram (NTB Satu) – Penandatanganan perjanjian kerjasama antara Kepala Bappenda NTB dengan unsur Pimpinan UPT Selong pada Pada Kamis, 11 Febuari 2021, memantik tumbuhnya secercah harapan bagi pencapaian target 1 juta objek pajak aktif di NTB.

Dalam kunjungannya ke UPTB Bappenda Lombok Timur, Kepala Bappenda NTB, Dr. Ir. H. Iswandi, M.Si bersama jajarannya disambut oleh seluruh unsur staf dan Pimpinan UPTB Selong serta mitra Bappenda baik Kepolisian, Jasa Raharja, perwakilan Pemerintah Kabupaten Lombok Timur.

Kepala Bappenda NTB, Dr. Ir. H. Iswandi, M.Si beserta tim berkeliling NTB melakukan Sosialisasi Roadmap Menuju 1 Juta Objek Pajak Aktif dan Penandatanganan Perjanjian Kinerja tahun 2021. Kegiatan yang digelar sejak Rabu, 3 Febuari 2021 lalu ini menurut H. Iswandi, sangat penting mengingat di tahun 2021 ini Bappenda meningkatkan target pendapatan lebih dari 30 persen dibandingkan realisasi tahun sebelumnya.

Peningkatan diutamakan pada penambahan jumlah kendaraan objek pajak aktif. Tahun 2020 jumlah realisasi objek pajak aktif sebesar 770.669. Sedangkan tahun 2021 target meningkat menjadi 1.008.268.

Menetapkan peningkatan target di era pandemi merupakan sebuah langkah berani. Langkah berani yang hanya bisa lahir dari orang-orang yang berpikir ‘’out of the box’’. Bappenda memang lembaga pemerintah yang terus berpikir di luar arus utama.

H. Iswandi, selalu mengatakan bahwa bekerja di Bappenda itu tidak mudah karena selalu dikejar target. Berbeda dengan OPD lain. Sehingga seluruh insan Bappenda selalu dituntut bekerja keras dan bekerja cerdas.

‘’Kerja di Bappenda itu tidak mudah. Kita seperti seorang ayah yang mencari nafkah untuk pembangunan daerah,’’ ujarnya di banyak kegiatan rapat internal Bappenda.

Karena itulah, di Aula Rinjani Kantor UPT Selong, dilakukan penandatanganan perjanjian kerjasama antara Kepala Bappenda NTB dengan unsur Pimpinan UPT Selong.

‘’Di dalam perjanjian kinerja ini ada dua komitmen. Yang pertama, komitmen mencapai target realisasi pendapatan daerah. Komitmen kedua adalah mewujudkan target jumlah objek kendaraan,’’ tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala UPTB Selong menyatakan komitmennya untuk memberikan kerja terbaik guna mencapai target. ‘’Kami sangat yakin dan optimis bahwa utk mencapai target 1 juta wajib pajak dapat dicapai dgn baik,’’ katanya optimis.

Optimisme ini ditanggapi oleh mitra kerja Bappenda, baik Kepolisian maupun pemerintah Lombok Timur. ‘’Kami akan berupaya untuk memberikan sumbangsih dalam membangun lombok timur yang patuh pajak,’’ ujar Kasatlantas Lombok Timur, AKP. Putu Gede Caka Ratsuko, SIK. Senada dengan itu Kepala Bappenda Lombok Timur, Muh. Azlam, SE, M.Ak menyatakan dukungannya.

‘’Tidak hanya tambahan tenaga yang kami berikan. Tetapi juga kami berencana melakukan pengadaan mobil bagi operasional Samsat,’’ujarnya

Perjalanan panjang selama satu minggu ini tampaknya memberikan hasil yang diharapkan. Kumpulan optimisme ini seakan memberikan tambahan semangat bagi tim Bappenda NTB. Optimisme yang bersinar terang di Lombok Timur. Semburat cahaya dari timur. (*)

Exit mobile version