Zero Waste Sukses? Ini Tolok Ukurnya!

Mataram (NTB Satu) – Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat, Dr. Ir. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M.Pd., mengungkapkan bahwa program unggulan Provinsi NTB yakni Zero Waste telah sukses dilakukan oleh Pemerintah. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya masyarakat yang memberikan kritik maupun aduan mengenai sampah, menjadi salah satu poin kesuksesan Zero Waste.

“Salah satu kesuksesan zero waste dengan melihat orang yang semakin gerah dan tidak nyaman dengan sampah, sehingga mereka akan bergerak untuk melaporkannya atau langsung memberikan aduan, karena mengubah orang untuk memikirkan sampah pun butuh effort, sehingga jika banyak orang yang berbicara mengenai sampah berarti masyarakat sadar akan manfaat dari sampah tersebut,” ujar Wagub melalui rilis yang diterima redaksi NTB Satu. Pernyataan itu disampaikan Wagub saat meninjau aplikasi “Lestari” di Ruang Anggrek Kantor Gubernur NTB, Selasa, 9 Februari 2021.

Kesuksesan zero waste menjadi lecutan bagi Pemerintah untuk terus digalakkan secara masif melalui sebuah aplikasi “Lestari” yang memudahkan masyarakat untuk dapat mengkases berbagai informasi seputar pengelolaan sampah di NTB.

“Adanya aplikasi ini agar dapat menjangkau ke ujung tanpa selat sehingga masyarakat maupun bang sampah dapat dengan mudah mengaksesnya,” jelas Umi Rohmi, sapaan akrabnya.

Umi Rohmi juga menegaskan agar etalase pengelolaan sampah di Kabupaten/Kota sudah mulai diperhatikan, seperti halnya jalanan, destinasi wisata, tempat ibadah dan lain sebagainya.

“Awalnya bisa dimulai dari Kota Mataram dan Kabupaten Lombok Barat sudah harus memperhatikan etalase seperti halnya Ketika para tamu datang dari bandara menuju Kota Mataram melihat jalanan bersih dan asri,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi NTB, Ir. Madani Mukarom, BSc.F, M.Si menuturkan bahwa tujuan dibentuk aplikasi “Lestari “ sesuai dengan mandat Perda Nomor 5 Tahun 2019 yaitu Kepentingan untuk disosialikan kepada publik dan Perkembangan Teknologi Informasi yang diperlukan menjadi salah satu penyambung ke masyarakat.

“Tujuannya yaitu membangun sistem pengelolaan sampah yang komprehensif dan untuk penyampaian seluruh program NTB Zero waste, adanya meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam tata Kelola sampah,” jelasnya.

Aplikasi “Lestari” dapat diakses oleh masyarakat melalui PlayStore atau dapat mengakses website lestari.ntbpro.go.id . Berbagai fitur tesedia yakni NTB Zero Waste, Panduan, Lokasi, Agenda, Data Sampah, Sarpras dan Pengaduan. (r/DiskominfotikNTB)

Exit mobile version